Pendekatan Kepemimpinan Model Terkini

Pendekatan Kepemimpinan Model Terkini

 1. Kepemimpinan Transaksional

        Pemimpin Transaksional merupakan pemimpin yang membimbing dan memotivasi pengikutnya menuju sasaran yang ingin dicapai dengan memperjelas dan persyaratan tugas. Contoh tokoh yang saya ambil ialah Jose Mourinho.

        Jose Mourinho merupakan seorang pelatih sepak bola tim besar liga inggris yaitu Tottenham Hotspur. Beliau pemimpin Transaksional yang memberikan ajaran kepada pemain - pemainnya yaitu menjanjikan suatu reward untuk setiap game yang di menangkan tim. Jose Mourinho juga memberikan komitmen kepada pemain - pemainnya agar rela menanggung resiko demi kemenangan yang ingin dicapai oleh tim.


2. Kepemimpinan Transformasional

        Pemimpin Transformasional merupakan pemimpin yang memberikan inspirasi kepada pengikutnya untuk hasil yang luar biasa dengan bertindak melebihi kepentingan pribadi demi organisasi. Contoh tokoh yang saya ambil ialah Ganjar Pranowo .
        
        Ganjar Pranowo merupakan Gubernur Provinsi Jawa Tengah Periode 2018-2023 yang memiliki pola kepemimpinan Transformasional dikarenakan Beliau sangat mengedepankan kepentingan - kepentingan seluruh masyarakat Provinsi Jawa Tengah. Beliau juga sudah banyak memberikan perkembangan dan prestasi bagi provinsi Jawa Tengah dalam menjabat sebagai Gubernur.



3. Kepemimpinan Kharismatis

        Pemimpin Kharismatis merupakan pemimpin yang menonjolkan kharisma terhadap orang lain yang dapat menarik dan mengisnpirasi pengikutnya dengan kharismanya tersebut. Contoh tokoh yang saya ambil ialah Paus Yohanes Paulus II.

        Paus Yohanes Paulus II merupakan pemimpin umat khatolik pada tahun 1978 sampai tahun 2005. Kharisma yang ditonjolkan oleh Paus Yohanes Paulus II ialah dia seorang penyabar dan pemaaf. Pada tahun 1981 ada seorang pria bernama Mehmet Ali Agca asal Turki menembak dirinya sebanyak dua kali tetapi dengan jiwa sabar dan pemaaf yang dimiliki Paus Yohanes Paulus II, Beliau memaafkan penyerang tersebut dan menjenguknya di dalam penjara.


4. Kepemimpinan Visioner

        Pemimpin Visioner merupakan pemimpin yang melampaui kharisma karena kemampuannya menciptakan dan menyatakan visi yang realistis, layak dipercaya, dan menarik mengenai masa depan.
Contoh tokoh yang saya ambil ialah Tri Rismaharini.

        Tri Rismaharini merupakan Walikota Surabaya periode 2016 - 2021 yang memiliki pola kepemimpinan Visioner. Risma memiliki visi dan etos kerja yang baik dalam menjabat sebagai Walikota Surabaya. Risma merupakan seorang pemimpin yang tulus dalam melayani rakyatnya, dalam kepemimpinan Risma mampu membawa kota Surabaya mengalami perkembangan dan mendapatkan prestasi yang cukup fantastis.




Komentar