Sumber Pendapatan, Pengeluaran, dan Wealth Ratio

What's up guysss...

        Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang Sumber Pendapatan, dan pengeluaran saya selama 1 bulan. Dan pada postingan kali ini saya juga akan menghitung Wealth Ratio dalam kehidupan saya.

  • Pendapatan Saya
        Sumber pendapatan saya masih sebatas dari pendapatan orang tua saya. Hal ini dikarenakan saya belum bekerja. Maka sumber pendapatan saya:

    •  Orang tua

  • Pengeluaran Saya
            Pengeluaran saya selama sebulan yaitu:
    • Pengeluaran biaya makan
    • Pengeluaran biaya kuota
    • Pengeluaran biaya kendaraan (Service,Bensin)
    • Pengeluaran tak terduga
        Menurut saya, pengeluaran yang saya gunakan masih tergolong "Good Cost" dikarenakan tidak ada pengeluaran yang bersifat tidak bermanfaat.
  • Wealth Ratio
        Formula dari "Wealth Ratio" adalah:

WEALTH RATIO = PENGHASILAN PASIF : PENGELUARAN

            Penghasilan Pasif (Passive Income) adalah penghasilan yang didapat dengan keterlibatan yang sangat-sangat minimal.Pada dasarnya semua pendapatan yang diperoleh tanpa kerja langsung dapat disebut pendapatan pasif, seperti misalnya bunga deposito, penghasilan multi-level-marketing dari aktivitas downline, uang pensiun, deviden saham, royalti lagu, pendapatan franchise, dan sebagainya.

Jika Penghasilan Pasif setara dengan Pengeluaran, maka secara definitif dia tidak perlu lagi bekerja. Setiap bulan dia dapat mencukupi kebutuhannya tanpa bekerja. Inilah yang disebut kaya.

Perhitungan Wealth Ratio:
  • Pendapatan  = Rp. 1.500.000
  • Pengeluaran = Rp. 1.200.000
  • Saldo            =  +Rp. 300.000
Potensi makin kaya bernilai positif karena bisa menabung.

Wealth ratio = 1.500.000 : 1.200.000 = 1.25

Dan bisa dikatakan bahwa "Wealth Ratio" saya sebesar 125% dan nilai tersebut merupakan cukup baik.

Cornelius Parlindungan Situmorang
191401054
Universitas Sumatera Utara

Komentar