"Sharing our experiences in developing VR and AR and 3D interactive application for industries in malaysia and indonesia"

    Augmented Reality atau yang sering disebut AR adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut secara realitas dalam waktu nyata. Realitas tertambah dapat diaplikasikan untuk semua indera, termasuk pendengaran, sentuhan, dan penciuman. Selain digunakan dalam bidang-bidang seperti kesehatan, militer, industri manufaktur maupun dunia pendidikan. Teknologi AR ini dapat menyisipkan suatu informasi tertentu ke dalam dunia maya dan menampilkannya di dunia nyata dengan bantuan perlengkapan seperti webcam, komputer, HP Android, maupun kacamata khusus. Sedangkan Virtual Reality (VR) merupakan sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut. Di dalam bahasa Indonesia virtual reality dikenal dengan istilah realitas maya. 3D Interaktif adalah kemampuan untuk berinteraksi dengan dunia digital seperti yang Kita lakukan dengan dunia nyata. Pengalaman 3D interaktif dapat mengambil banyak bentuk—mulai dari pengalaman berbasis web yang dinamis hingga pengalaman VR/AR/MR yang sepenuhnya imersif, yang semuanya termasuk dalam istilah XR.


    VR dan AR juga memiliki batasan di area tertentu yang akan diseimbangkan oleh bisnis 3D. Saat ini, semua tindakan manusia-komputer dan itu semua adalah bagian dari ilmu komputer. Hari ini, dalam hal AI, ini adalah cara lain yang sangat kuat. Saya percaya banyak orang sangat tertarik dengan topik ini sekarang. Itu belum diterapkan lebih banyak dan orang-orang hanya meneliti bagaimana itu akan digunakan, apa aplikasi AI yang sebenarnya praktis. Di bisnis 3D, salah satu topik yang telah kita bicarakan, adalah bagaimana mengelompokkan tubuh ini dengan lebih baik menggunakan bantuan ai atau pembelajaran mesin. Saya yakin beberapa perusahaan sudah akan benar-benar fokus pada masalah ini dan benar-benar melihat ke depan untuk melihat apa hasil mereka. Pasti ada aplikasi yang berbeda dengan AI pada pencetakan 3D.

    VR dan AR dapat digunakan di banyak industri. Tergantung pada aplikasinya, kami menggunakannya untuk kampanye pemasaran, pendidikan atau pelatihan interaktif, untuk tujuan rekreasi dan hiburan atau untuk membuat hidup lebih mudah bagi penyandang disabilitas. Perbedaan antara VR atau Virtual Reality dan AR atau Augmented Reality adalah bahwa virtual reality memberi Anda pemandangan 360 derajat sementara augmented reality tidak memberi Anda pemandangan 360 derajat. Dengan kata lain, realitas virtual menempatkan pemirsa Anda ke dalam adegan seolah-olah mereka ada di sana sebagai pengamat, sementara augmented reality hanya menambah atau menambah apa yang sudah Anda lihat. 


    Contoh pengaplikasian VR dan AR dalam suatu industri adalah solusi VR dan AR Viewpoint untuk industri kelapa sawit di Malaysia. Mereka membantu membuat aplikasi VR dan AR yang menampilkan informasi tentang proses produksi dan pabrik. Solusi ini memungkinkan karyawan untuk mempercepat perubahan dalam tanggung jawab pekerjaan mereka. Perusahaan lain seperti Indra Sistemas dan Banksia Consultancy juga telah menciptakan solusi untuk industri seperti pendidikan, ritel, perhotelan, perawatan kesehatan, transportasi, konstruksi. Kedua negara memiliki minat yang semakin besar terhadap teknologi ini. Pemerintah telah menetapkan skema untuk mendukung perusahaan yang ingin mengembangkan aplikasi AR & VR.Penggerak utama pasar adalah meningkatnya permintaan akan produk dan layanan terkait AR dan VR di kalangan konsumen, yang diperkirakan akan tumbuh pesat dalam beberapa tahun ke depan. Jika dilihat secara praktis sendiri, mungkin Kita bisa melihat secara nyata pada kehidupan sehari-hari. Meski tentu belum digunakan secara umum dan dapat diakses oleh semua orang, praktek penggunaan keduanya sudah dekat dengan kehidupan masyarakat. Mulai dari sektor edukasi, hiburan hingga keperluan industri.


Komentar